Lagi nyari supplier bahan dan pewarna plastik ? 2 Tips berikut layak anda coba sebagai referensi

15:53

























Nah kan pada akhirnya di pusingkan dengan banyaknya informasi yang harus anda prioritaskan di pilih dan anda jajal untuk mencoba menghubungi mana saja supplier yang memang menjual dan menyediakan bahan pokok untuk agar bisa di pasok ke kantor anda dan kemudian anda proses sesuai dengan produk yang akan anda buat di sana.

Belum lagi tuntutan dari atasan agar se-segera mungkin mendapatkan supplier yang menjual bahan-bahan plastik untuk kemudian anda menghubungi apakah pihak supplier yang anda maksud itu memang menyediakan segala menu pilihan bahan yang rekomendasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda atau tidak. 

Di pusingkan pada saat tahap awal memang sesuatu hal yang menyebalkan , sebagai referensi akhirnya googling dan mencoba mencari segala macam informasi di internet , belum lagi banyaknya referensi dari rekan atau pun patner kerja anda di sana yang memang mempunyai kenalan berbagai pihak suplier.

Ada banyak peraturan dan kebijakan jika anda posisinya sebagai pencari supplier , dari masing-masing supplier yang akan anda prioritaskan itu belum tentu cocok dengan apa yang anda dan perusahaan anda inginkan , mempunyai segala macam peraturan dan kebijakan adalah sesuaitu hal yang lumrah.

Tidak mudah untuk menjawab ini semua , sebagai purchase order tentu banyak sekali masalah yang akan di alaminya , salah satu masalah awal yang di alami para pelaku industri jika menginginkan untuk mencari supplier yang menjual bahan-bahan pokok untuk kemudian di pasok ke industri anda adalah masalah kebijakan , harga serta tersedianya material yang di maksud.

Jika anda adalah posisinya sebagai pencari supplier , maka ulasan ini bisa menjadi referensi dan di pertimbangkan bagi para pelaku home industri yang memang sedang kebingungan , apa saja syarat yang sesuai dengan prosedur dan peraturan perusahaan anda dalam mencari dan memiih supplier idaman yang pas dan cocok untuk jangka waktu yang lama.

Bagi perusahaan yang besar tentu saja ada sederet langkah cara-cara yang sudah di atur dalam mencari dan memilih mana saja suplier yang masuk kategori layak untuk di pertimbangkan , mempunyai apa yang di namakan SOP ( Standar Operational Prosedur ) sebelum dan sesudah mendapatkan atau sedang ingin mencari supplier yang sesuai dengan kebijakan perusahaan anda.

Lain halnya dengan para pelaku home industri atau industri rumahan yang memang masih belum sempurna dengan apa yang di namakan sebuah prosedur atau peraturan dalam mencari dan memilih supplier yang nantinya akan di pilih dan kemudian memasok segala macam bahan kebutuhan untuk industri anda.

Tapi ulasan ini saya posisikan sebagai pelaku home industri atau perorangan yang memang belum dan masih tidak mempunyai sebuah persyaratan , prosedur , langkah dan tata cara yang memang di sediakan untuk per masing-masing bagian jika perusahaan tersebut akan dan ingin mencari supplier , barang baru dan lain sebagainya.

Masalah klasik yang memang kemudian menjadi momok bagi para divisi di dalam suatu perusahaan jika perusahaan tersebut tidak dan belum mempunyai sebuah aturan apa yang di namakan SOP. 

 Ulasan d bawah ini adalah tips dan cara-cara yang sudah teruji dalam mencari dan memilih supplier yang pernah saya dan tim lakukan dalam menyeleksi banyaknya sumber data dan informasi yang masuk untuk kemudian di prioritaskan supplier mana saja yang masuk dalam kategori sesuai dengan kebijakan dan layanan yang mereka miliki.

Berikut tips paling ampuh dan teruji yang pernah saya terapkan dalam mencari dan memilih pihak supplier , semoga membantu dan di jadikan referensi untuk kemudian di cek secara berkala , apakah langkah dan tips berikut mampu membuat anda dan perusahaan anda bisa "lolos" dalam menentukan pihak supplier idaman yang anda pilih.



1. Pilih , Minimal 3 suplier yang masuk kategori sesuai dengan kebijakan industri anda


Mungkin sangkin banyaknya sumber data dan informasi yang masuk ke dalam list suplier yang sudah anda catat sebelumnya memang membuat otak dan pikiran anda semakin ruwet. Memang benar , semakin banyaknya informasi suplier yang masuk membuat anda justru makin pusing. 

Belum lagi supplier yang di maksud tidak menyediakan bahan dan layanan yang anda maksud, sementara tuntutan dari atasan semakin dekat waktu yang di kasih untuk menyeleksi mana saja supplier yang akan di pilih.

Dengan memilih minal 3 supplier yang akan anda prioritaskan , itu artinya anda bisa lebih teliti dan lebih cermat dalam memilih yang nantinya benar-benar akan anda pilih dari salah satu supplier tersebut.

Jika anda sudah menentukan minimal 3 supplier yang sudah anda cari dan anda list masuk kategori supplier idaman yang mempunyai layanan dan kebijakan sesuai dengan peraturan industri anda , maka langkah berikutnya adalah :


A. Pilih salah satu dari ke tiga suplier tersebut

B. Memilih suplier yang mempunyai layanan prima , kalau bisa layanan 24 jam online

C. Memilih suplier yag mempunyai banyak pilihan kebijakan , harga dan menu pilihan bahan

D. Memilih suplier yang mempunyai website , alamat lengkap dan yang mengutamakan layanan kepada pihak customer

E. Memilih suplier yang legal dan berbadan hukum PT , jangan memilih suplier perorangan 


Kenapa saya tulis untuk memprioritaskan supplier yang berbadan hukum PT ? Karena jika memilih supplier yang perorangan akan di ribetkan dengan masalah harga , pajak serta charge delivery barang yang jika harganya mahal mereka sangat keberatan. Itulah kenapa admin dan sales kami paling anti berurusan dengan pembeli dan supplier yang bukan pembeli dari PT dan berbadan hukum. 

Jika harganya di kenakan sedikit mahal langsung berontak dan protes ini itu , mungkin memberi pesan bahwa saldo untuk membeli material dan produk yang di maksud nominal-nya minim hehe..

Pastikan terlebih dahulu apakah supplier yang akan anda pilih itu sesuai dengan point di atas, jika sudah maka anda akan dengan mudah mendapatkan semua kebijakan dan harga yang anda dan perusahaan anda maksud itu cocok.



2.  Pilih suplier yang mempunyai layanan prima


Hari jum'at komplain karena pengiriman dan pengadaan material dan bahan yang di maksud belum sesuai dengan estimasi waktu yang di berikan , artinya dari pihak suplier yang anda pilih selalu telat , dan kemudian mereka dengan mudahnya menjawab komplainan anda pada hari senin sore. Pernah mengalami ?

Memang benar , untuk urusan layanan paling penting dan di utamakan dari para suplier dan pembeli jika mereka se-waktu dari pihak suplier dan pihak pembeli bermasalah ( komplain ) , menjawab pada 2 hari setelah komplain di ajukan memang membuat para pembeli dan suplier yang di inginkan tersebut panik.

Setidaknya ada layanan yang bisa membantu untuk meredakan obrolan-obrolan yang biasanya berujung bersitegang dari kedua belah pihak. Hal ini di anggap wajar bagi mereka yang bermasalah terus menerus dan tidak memikirkan segi layanan yang mereka berikan , mustinya segera di evaluasi untuk kemudian di perbaiki.

Pilih dan pastikan tim anda dan perusahaan anda tidak salah dalam memilih dan menemukan pihak suplier yang nantinya akan anda jadikan pemasok dalam jangka waktu yang lama. Cek semua media sosial , website dan tool pembantu lainya untuk bisa mendapatkan sederet informasi untuk bisa menemukan data valid yang memang di butuhkan anda di sana.


Demikian 2 tips study kasus yang pernah saya temukan , pernah saya alami dan sudah teruji dengan baik dan terbukti berhasil. Pastikan anda dan tim dari perusahaan anda menyeleksi dan memprioritaskan mana saja pihak suplier yang masuk kategori. Pastikan juga syarat dan ketentuan yang akan anda dapatkan berpihak kepada anda. 



NOTE ! : Jika perusahaan anda membutuhkan material biji plastik daur ulang dan material biji plastik ori serta layanan custom bahan pewarna pada plastik sesuai dengan permintaan dengan HARGA TERBAIK dan dengan KUALITAS TERJAMIN , Anda bisa langsung menghubungi kami DISINI

 

 

You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook