Beruntunglah anda yang mengetahui 3 informasi ini , terutama yang berhubungan dengan sampah

22:53




Barang plastik berupa kemasan botol yang sering anda pakai dan anda beli untuk keperluan sehari hari memang tidak akan pernah disangka bahwa barang tersebut akan menjadi barang yang paling di benci oleh semua orang  jika seseorang tersebut membuang sampah dan kemasan botol plastic tersebut sembarangan. Kesadaran yang  begitu kurang , walau semua himbauan dari berbagai bantuan media , edukasi kepada masyarakat hingga ada yang namanya bank sampah , agar semua masyarakat sadar akan pentingnya membuang sampah ada pada tempatnya.

Tujuanya tak lain adalah untuk membedakan jenis jenis sampah dan tertib terhadap sampah yang berserakan dimana mana , terutama yang ada di laut. Data menunjukan pada juni lalu sampah yang ada di laut Indonesia di urutan ke 3 dunia yaitu di angka lebih dari 3 ton berbulan dimasing masing daerah. Anda akan bisa membayangkan betapa banyaknya jika sampah itu digabungkan disuatu daerah dan dikumpukan ? Kebayang bagaimana baunya yang sangat menyengat ?

Beberapa informasi bagus sempat saya dengar pada saat saya mudik ke kampung halaman di daerah jawa tengah , kebetulan kampung halaman ini rumahnya pas banget di lereng gunung , tempat dimana semua orang yang mendaki gunung pasti melewati rumah orang tua saya. Ya ada beberapa berita menarik yang layak di ungkap agar semua pihak bisa terbantu dari segala mara bahaya yang ada di sekitar lingkungan rumah , desa dan lingkup masayarakat sekitar.

Saya merasa bangga walau pekerjaan saya berhubungan dengan yang namanya plastic, dimana barang inilah yang paling dibenci olehnya ketika semua orang mendengar atau melihat berita di berbagai media membahasnya tentang sampah plastic yang cinderung merepotkan banyak orang , banjir sampah plastic kemasan berbagai jenis berserakan di laut , kali , hingga di tempat tempat hiburan dan wisata.

Justru saya bangga sebagai pamsok bahan baku untuk kebutuhan barang plastic kemudian industri yang memanfaatkanya untuk kepentingan produksi dari bahan plastic yang nantinya bisa anda nikmati hasilnya itu sendiri. Artinya semua perusahaan akan diuntungkan jika semua masayarakat dan para penggunanya sadar betul akan risiko dan bahaya yang akan dialaminya jika barang yang digunakanya itu tidak di buang ke tempatnya. Makanya semua pihak baik pemerintah  selalu mengedukasikan dari berbagai iklan dan tulisan agar masayarakat lebih tertib dalam membuang sampah terutama sampah botol dan plastic.

Berikut 2 informasi unik yang layak anda ketahui agar wawasan dan nilai nilai dari kebaikan banyak orang yang melakukan hal ini menjadi inspirasi anda semua untuk bisa mengimbangi didalam kehidupan sehari hari.



1. Pendaki Gunung

Saya sendiri dulu sama sekali tidak cinta akan hobby yang satu ini , bukan lagi hobby naik turun gunung , saya sendiri anak desa atau anak gunung yang harusnya paham akan dunia wisata gunung yang kaya dengan keindahan alam tersebut , ya harusnya seperti itu , tapi sepertinya hobby yang katanya bisa membuat seseorang semakin cinta , semakin yakin , semakin bangga tinggal di Indonesia dan semakin banyak wawasan nan cerita yang ada di alam semesta ini yang di ciptakan tuhan ini begitu indah dan layak untuk di kagumi.

Jujur saya mendengar berbagai obrolan dari para pendaki dari berbagai daerah setelah rombongan orang tersebut turun dari gunung ke tempat istirahat , semua jawaban yang pernah saya dapat adalah sama. Yaitu semua para pendaki gunung yang naik dan turun gunung wajib menjaga kebersihan dan keindahan wisata gunung agar dengan membawa sampah sampah yang mereka bawa dan kemudian tidak membuang sampah sembarangan , bahkan sampah sampah yang berserakan di tengah hutan mereka ambil dan dibungkus dengan karung.

Hampir tidak percaya akan hal ini jika anda belum mendengar cerita langsung dari para pendaki yang memang semua pendaki mempunyai misi sama untuk menjaga keindahan alam semesta du Indonesia ini , saya rasa semua orang pasti akan langsung sadar akan bahaya sampah jika anda membuang sampah botol plastic itu sembarang , apalagi anda yang baru saja mendengar cerita atau mencoba mendaki gunung.

Peratanyaanya adalah kenapa orang baru sadar kalau bahaya membuang sampah plastic yang sudah menggunung di berbagai daerah itu mendadak menyesal karena membuangnya sembarang ? Jawabanya adalah coba suruh naik gunung , di sana anda akan tahu jawabanya , bahkan semua pendaki gunung yang sudah naik turun gunung pun menyesal dan menyadari bahwa mereka sangat mencintai alam semesta yang diciptakan tuhan ini adalah alam yang indah , alam yang layak untuk di rawat , alam yang indah untuk di jaga , bukan malah mengotori dengan cara cara katrok membuang sampah berserakan di gunung dan dilingkungan sekitar.
Suwun yo le ,,, anda para pendaki yang sudah meringankan beban negar terhadap sampah dan membantu mengurangi sampah yang terus mengalir ke laut serta merusak ekositem ikan disana.

2. Para Pengepul Sampah

Jika anda adalah pemain home industri plastik maka hal ini sudah tidak asing lagi di telinga anda , semua pekerjaan yang dilakukan oleh para pengepul sampah plastik baik itu para pengrajin sampah plastik , aksesoris plastik serta proses daur ulang yang semua barang dan bahan bahan plastik tersebut di lebur kembali dan dijadikan suatu produk untuk mengurangi tingkat sampah yang ada di lingkungan sekitar.  
Seharusnya orang orang ini layak di apresiasi dan diberikan penghargaan , karena sudah membantu dan mengurangi berbagai jenis sampah plastik yang ada di sekitar jalanan dan di laut , mereka mau memungut dan memilah mana saja barang yang layak di daur ulang untuk kemudian di jual kembali dan di proses kembali. Bukanya ini adalah cara cara baik untuk mengurangi sampah yang semakin hari semakin menggunung ? Anda bisa membayangkan betapa ekstimnya jika tidak ada para pengepul sampah di berbagai daerah dan kota ?  
Jujur saya lebih suka kasian dan layak di hargai kepada mereka yang masih pagi pagi buta mau untuk mencari dan mengumpukan banyak jenis sampah plastik untuk kemudian di proses dan di jual kembali serta menghasilkan uang , dari pada meminta minta kepada orang di sekitar apakah pekerjaan ini justru lebih mengasikan ? tentu saja anda yang akan menilainya.

3. Produsen dan Supplier bahan plastik

Dengan hadirnya para pemain home industri yang memproses daur ulang , membuat bahan baku dan kemudian dijadikan bahan bahan pokok untuk di proses kembali menjadi plastik inilah yang layak juga di ketahui oleh anda. Ada banyak pengepul dan produsen di luar sana yang kemudian tahu akan manfaat dan bahayanya jika suatu hari nanti dari limbah plastik hingga para pengepul lainya tidak bisa memanfaatkan hal ini dengan baik.
Sebagai pemasok sekaligus produsen yang memproduksi bahan yang terbuat dari berbagai limbah plastik adalah kebanggaan tersendiri , baginya adalah sudah berusaha sekuat mungkin agar bisa berkontribusi untuk negara tercinta ini dan kemudian bisa meminimalisir terjadinya sampah yang semakin menggunung.
Jika anda adalah orang yang dengan urutan pada point pertama dan kedua , maka point terakhir ini layak anda ketahui untuk memperluas wawasan anda alam memahami proses sampah yang anda buang setiap harinya itu agar bisa di manfaatkan terlebih dahulu dan kemudian di jual. Bukanya ini adalah hal yang menguntungkan jika semua orang bisa dengan kreatif memanfaatkan berbagai limbah plastik dan mengurangi sampah plastik di laut untuk di jadikan sebagai akesoris rumah jika anda jeli memanfaatkanya , bukan ?

Demikian 3 point penting tentang maraknya sampah plastik di laut dan di sekitar lingkungan kita yang selalu di pandang sebelah mata dan di sepelakan begitu saja bagi mereka yang enggan untuk berkreasi membuat suatu kerajinan tangan dari limbah plastik .

*NOTE : Jika anda membutuhakan material biji plastik dengan HARGA TERBAIK dan dengan KUALITAS TERJAMIN , anda bisa langsung menghubungi kami DISINI



You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook