Jika anda melupakan 3 hal ini , sudah dipastikan produk yang akan anda produksi tidak akan maksimal

23:18




Satu hal yang harus diperhatikan oleh home industri jika ingin mendapatkan jenis bahan dari para supplier entah itu jenis material recyle dan originaly yang memang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan, kiranya belum mengetahui banyak hal tentang sebuah kata yang memang akan menjadi tolak ukur suatu industri kecil yaitu sebuah KUALITAS.

Kata tersebut akan menjadi sebuah acuan dan budaya dari industri yang anda jalankan sampai sekarang ini, prihal kalimat itu memang sangat sensi jika dari industri tersebut tidak mengetahui atau bahkan tidak sama sekali memahami apa yang dikerjakan oleh anda.

Study kasus dilapangan yang pernah kita temui di home industri salah satu klien yang pernah membeli material dan bahan baku berupa biji plastik recyle dan originaly adalah , mereka belum menemukan hasil finishingnya yang memang menjadi standar end product yang dimintanya. Artinya belum memenuhi hasil yang maksimal entah itu bermasalah dengan material , resin serta bahan campuran lainya.

Kenapa kasus untuk kalangan home industri jikalau ingin memproduksi barang baru buatnya cinderung memakan banyak waktu dan materi yang di investasikanya hingga berminggu-minggu belum juga menemukan hasil end product yang sesuai standar kelayakanya?

Mari sedikit nostalgia sembari slonjoran depan teras kenapa study kasus ini sering terulang hampir sama dan persis dari klien satu ke klien industri lainya. Hingga penyakit ini terus menerus berulang kali tetapi mereka masih juga belum menemukan titik terang kejelasan hingga googling kesana kemari.

Berbicara mengenai KUALITAS produk yang memang menjadi prioritas oleh kalangan home industri adalah prihal noomer wahid yang kudu dijalankan , alhasil tim purchasing dilapangan yang kebagian untuk menyeleksi supplier dan menerima serta menguji bahan material yang di pesanpun dicoba.

Ada banyak kendala pada saat  trial error yang akan dihadapi dan tidak semudah itu untuk memproduksi suatu material biji plastik hingga jadi ke bagian finishing berupa produk jadinya. Ribet mas tentunya, ndak semudah ngetik artikel blog untuk uji barang dan material yang digunakanya. Tentu saja butuh banyak resin ( bahan baku ) untuk bisa menjadikan produk dengan kualitas tinggi.

Ada 3 hal yang layak anda ketahui prihal kasus yang sering terjadi dilapangan hingga bingung belum menemukan titik terang sampai dengan end product yang ingin diproduksinya didalam industri yang anda buat disana , 3 hal ini akan coba kita jabarkan dalam beberapa bahan yang tentu saja ini sangat berhubungan dengan barang yang akan anda campurkan nantinya.


1.  Coba Menggunakan Material Recyle 


Sejatinya semua orang akan berbondong-bondong mencari bahan dengan kualitas super tapi juga dengan harga yang jauh dibandingkan dengan harga material yang originaly. Mau murah tapi dengan produk yang berkualitas ya tentu saja belum ada sejarahnya.

Kalau bahasa bulenya bilang " ono rupo , ono rego " mau beli material biji plastik murah tapi dengan kualitas yang super rasa rasanya ini mustahil, alhasil jika anda beli material recyle yang memang bukan anjuranya dan komposisinya untuk produk yang ingin kualitasnya nomer wahid ya memang ngga ada sejarahnya.

Tapi ada juga yang memang cocok dengan bahan recyle khusus untuk aplikasi tertentu yang memang sesuai takaran dalam produksinya. Memang banyak juga yang membuktikan kecocokanya dalam hal memilih supplier dan material.

Banyak kasus diluar sana yang tadinya ingin menghemat biaya pengeluaran dengan memilih dan membeli jenis material recyle namun pada saat di trial hasilnya sangat mengecewakan dan ini memang benar adanya. Ada juga yang trial namun cocok juga banyak.

Namun ada yang sudah cocok pada saat uji masalah kelolosan material , tapi pada saat finishingnya belum terbukti maksimal , ini juga banyak sekali smapai sekarang ini juga data yang pernah kita kumpulkanpun terjadi berulang kembali.

Terus bagaimana solusinya mas ? bentar,,,sabar dulu, simak point berikutnya yes.


2. Menggunakan Material Biji Plastik Originaly


Jika anda sudah mencoba dengan menggunakan material jenis recyle tapi hasilnya belum maksimal , maka jawaban yang tepat jika anda menanyakan ke supplier tempat anda memilih pasti akan menjawab " pakai saja meterial yang original ".

Apakah semudah itu ? jawabanya adalah IYA !

Jika anda bermasalah dengan bahan pada saat trial untuk menentukan jenis produk yang akan diproduksinya namun belum maksimal maka point kedua inilah yang akan anda kerjakan yaitu memilih menggunakan opsi kedua dengan biji plastik originaly.

Kembali lagi ke awal , harga akan menentukan seberapa bagus produk yang anda produksi nantinya. Pada intinya adalah dengan menggunakan jenis material ori maka akan dengan besar potensinya barang tersebut hasilnya sesuai dengan standar aplikasi yang diinginkan oleh purcahsing dan tim quality control diindustri anda disana.

Walau urusan harga dan pajak yang begitu tinggi , maka akan dengan mudah pula anda mendapatkan material sesuai dengan produk yang diinginkanya. dan lagi-lagi ini adalah bukan masalah harga dan biaya pengeluaran , melainkan sebuah INVESTASI ! 

Mas , gimana kalau sudah pakai material yang ori tapi masih ada kendala dengan kualitas entah itu masalah warna , atau prihal kurang mengkilap pada produk yang kita trial. apa ada solusi dengan hal ini ? Jawabanya adalah ADA !


Sabar mase,, point terakhir ini adalah jawaban terakhir dimana semua kasus dilapangan menemukan solusi permasalah pada saat trial awal membuat produk dengan kendala yang sama persis.


3. Menggunakan Masterbatch Untuk Finsihing


Dari sederet kisah kelam diatas jika anda dari awal membeli material recyle kemudian menguji dan hasilnya jauh dari kata layak pakai maka jawabanya adalah menggunakan material jenis originaly. Dan akan terus berurutan jika sudah menggunakan material ori tapi hasilnya masih belum mengkilap atau warna yang dihasilkan dari produk yang anda produksi tersebut , maka jawabanya ada di point terakhir ini.

Materbatch adalah bahan kimia pewarna , dalam bentuk pellet butiran yang nantinya ada dosis dan komposisinya pada saat trial dilakukan. ya ndak sembarangan mas untuk point terakhir ini , wajib mengetahui takaran dan dosis yang akan diukur.

Nah tujuan adalah untuk mengkilapkan , biar hasil produk yang anda produksi berwarna mengkilap. Misal anda salah satu industri aplikasi pembuatan selang infus , jika anda menggunakan material biji plastik recyle , maka hasilnya akan cinderung lebih buram dan kecoklatan.

Masterbatch hanyalah campuran reesin yang bertujuan untuk mengkilapkan agar tetap bening dan sesuai dengan kualitas produk industri anda. Walau harganya memang mahal tapi ini adalah bahan terakhir dan pilihan terakhir untuk skala home industri yang masih kebingungan memilih dan memproduksi barangnya tapi belum maksimal.

Jadi setidaknya ada 3 tahapan penting jika anda ingin trial masalah material dengan tingkat kualitas tinggi dan pilihan material yang sesuai dengan kebutuhan anda nantinya. Kuncinya adalah investasi waktu dan materi hanyalah sebuah perjalanan saja untuk bisa menciptakan jenis dan inovasi produk sesuai dengan standar pabrik yang anda inginkan.


Terakhir ,,, Pilihlah jenis material sesuai dengan kebutuhan dan nominal angka yang anda punya. Bijaklah dalam memilih supplier , ada kalanya banyak diluar sana supplier yang hanya mementingkan materi dan perputaran uangnya saja tanpa mengedukasikan layanan dan merekmomendasikan material yang mereka butuhkan.

Sementara ke 3 point tersebut bagi anda home industri yang ingin memproduksi produk dengan kualitas yang tinggi , hal ini akan menjadi pembelajaran antara supplier dan produsen tempat anda bekerja disana.

Memilih supplier dengan layanan prima serta mempunyai pilihan kebijakan yang jarang ditemui oleh anda itu memang sulit. Jadi,,,,,,,


Note : Jika anda membutuhkan material biji plastik recyle berkualitas dengan HARGA TERBAIK dan dengan layanan prima , anda bisa langsung menghubungi admin kami DISINI 

You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook