Ulasan jadul ini yang membuat para pemilik industri kerap mencobanya hingga sukses sampai saat ini

13:13




Terinspirasi dari sebuah layanan televisi yang menanyangkan sebuah acara tantangan boss kepada seluruh karyawanya dan ini salah satu acara televisi yang sampai sekarang saya putar terus by youtube , karenanya menonton televisi dengan secara langsung sudah tidak menjadi pilihan yang bagus untuk sekarang ini. ya betul,,isi dari media televisi yang kebanyakan iklan dan settingan media yang teramat abal abal beritanya ndak bermutu membuat ratting untuk sebuah layanan televisi semakin menurun dan enggan untuk di prioritaskan kaum anak muda jaman sekarang ini.



Sebuah pesan kepada boss untuk menjadikan tantangan dirinya sebagai orang pekerja lapangan , dengan menjadikan dirinya orang magang didalam sebuah industri tersebut, ia rupanya sudah di sett terlebih dahulu bahwa nantinya semua design wajah dan rambut akan ditambahkan aksesoris sebagai penyamar orang-orang baru didalam lapangan untuk bekerja bersama tim disana .




Jadi di sana ada berbagai puluhan bahkan ratusan video yang memperlihatkan sosok boss yang menyamar untuk dijadikan trial dan uji keloyalitasan tim yang bekerja di industri tersebut, misal saja ada segelintir boss yang mencoba menyamar sebagai orang magang untuk mengisi job dan bagian tertentu , guna untuk mengetest apakah tim dan para manager disana bekerja dengan totalitas serta loyalitas ke perusahaan tersebut.




Nah tugas penyamaran disini hanyalah sebagai bahan untuk dijadikan review boss bahwa si A dan si B mempunyai jam terbang dan loyalitas kerja di perusahaan ini memang layak untuk mendapatkan sebuah penghargaan khusus di bidangnya.




Menarik sekali, karena yang namanya orang magang dan orang yang baru pernah bekerja disalah satu industri tempat mereka beradaptasi canggung dan di isengin oleh berbagai tim yang menganggap dirinya sebagai senior didalam industri tersebut sudah menjadi hukum alam dan memang selalu ada dimana-mana, Pada intinya seinior punya kewenangan untuk selalu menang dalam segala bidang kepada juniornya yang baru pernah bekerja apalagi magang dan masih training beberapa hari.




Jadi si boss ini yang mempunyai sebuah industri yang bercabang-cabang , selain sudah menerapkan SOP dan KPI bagi semua karyawan untuk terus mematuhi lalu lintas peraturan perusahaan tersebut,baik itu peraturan secara tertulis ataukah dalam bentuk aturan yang memang melarang keras bagi karyawanya untuk tidak bekerja secara leha-leha, disinilah muncul acara menarik yang membuat para boss mengabdikan dirinya untuk ikut andil dalam sebuah lini media masa acara televisi dengan judul undercover boss . 




Ingat betul sampai sekarang , jika anda koneksi internetnya sedang bagus coba sesekali main-main ke youtube ketik undercover boss disana ada ratusan video yang menginsiprasi banyak hal dan tantangan bagi para boss kepada tim karyawan di lapangan. Pelajari bagaimana meriahnya jika karyawan senior yang menghina bahkan menyuruh untuk training fisik dilapangan , menyuruh ngepel , membersihkan toilet dan bahkan mencuci gudang seharian itu adalah big boss atau founder  , CEO perusahaan yang mereka bekerja disana .




Menarik , rupanya di acara televisi ini ditayangkan bagaimana rasanya menjadi karyawan baru dan masih dalam keadaan training beberapa hari dan rasa letih serta capek terus dikeluhkan oleh seorang yang menyamar menjadi karyawan baru di perusahaan tersebut, yang aslinya adalah CEO dari perusahaanya sendiri.




Dari waktu 7 hari si boss ini menyamar sebagai karyawan training dan memposisikan dirinya untuk di latih dalam beberapa hari di berbagai cabang di seluruh dunia, jadi setiap hari si boss ini mempunyai schedule untuk bekerja magang sehari atau dua hari di cabang tertentu dan mempelajari serta menilai jika ada karyawan baru seperti dirinya , apakah tim lapangan dan karyawan bahkan sosok manager didalamnya akan merespon , mengajari , sesuai dengan SOP didalam perusahaanya tersebut.




Dan nantinya dari training para karyawan yang memang bisa dikatakan loyalitasnya paling tinggi, dan bekerjanya sesuai dengan peraturan diperusahaan tersebut akan dikasih sebuah kejutan yang spesial dari si boss yang mengaku dirinya menyamar sebagai orang training dan magang disebuah perusahaanya.





Dari video dan beberapa percakapan yang pernah saya ambil adalah, si boss ini meneliti dengan serius bahwa apa saja keluhan dan masukan baik saran serta kritik untuk industrinya sendiri nantinya akan kedepan seperti apa , karenanya si boss ini mengajukan dirinya sebagai tim langsung di lapangan dengan menyamar sebagai orang baru , dan menanyakan apakah bekerja disana sangat membaik dari sisi ekomominya , apakah ada masukan untuk dibagian tertentu sehingga si boss ini nantinya akan mengajukan dan memberikan pertimbangan bagi karyawan yang memang membutuhkan fasilitas untuk kepentingan kerjanya.





Pernah salah satu boss ikan di amerika serikat yang menyamar sebagai nelayan baru , maksud dari nelayan adalah tim yang bekerja dibagian lapangan untuk menangkap ikan dengan kapasitas beberapa ton dalam waktu 1 jam. dan si boss ini merupakan karyawan training yang kebetulan disuruh terus menerus oleh tim senior. alhasil dalam waktu 7 hari , job sebagai orang magang di perusahaan ikan tersebut mulai selesai. dalam 1 hari menjelang pulang si boss ini menyempatkan mengobrol dengan semua tim di lapangan yang memang ini adalah hob terakhir untuk meriview semua kepentingan didalamnya.





Boss yang menyamar inilah mengatakan kepada masing-masing tim dilapangan , bahwa semua apa yang dikeluhkan didalam bagian kerjanya akan ditulis dan dibuat semacam draft pada dirinya, semisal di dalam video yang menanyakan beberapa tim yang bertugas dilapangan tersebut selalu kesulitan untuk bertemu dan melihat anak istrinya , karena bekerja ditengah laut sangatlah sulit untuk menyambungkan jaringan telephone dan terhubung dengan internet.





Dari obrolan tersebut , si boss yang memang sudah menuliskan draft dari obrolan selama 7 hari dengan karyawan tersebut , memutuskan untuk 1 hari tidak magang dan training di lapangan , ia fokus dan meneliti apa saja draft dan laporan dari tim di lapangan yang memang belum ada fasilitas yang langsung terintergrasi oleh masing-masing karyawan dan memang kerap di butuhkan didalamnya.




Tugas lainya adalah merieview tim dan semua manager dilapangan , yang memang bekerjanya secara totalitas dan  loyalitas akan dihadiahi beberapa hadiah yang sangat menarik , misal dari tim dan karyawanya yang selalu mengeluh karena pendapatan dan hutang yang melilitnya untuk mempunyai hunian minimalis di amerika sana terus di impikan , maka tugas sebagai boss didalamnya akan memberikan selosi bagi para karyawan yang memang bekerjanya maksimal didalam perusahaan tersebut.




Pernah salah satu boss yang memang sudah terlanjur fun dan enjoy oleh obrolan yang selama 7 hari dikenalnya dilapangan pada saat training , karyawanya mengeluh dan menangis karena mungkin terbawa suasana curhat untuk masalah yang kiranya sangat sensitif tentang obrolanya , mereka mencurahkan isi dari obrolanya baik masalah keluarga dan masalah ekonomi lainya yang memang sedang ia butuhkan saat itu selama masih bekerja di perusahaanya.




Rupanya tidak hanya di indonesia yang masyarakat menengah bawah ingin sekali memiliki hunian minimalis yang layak untuk sebuah rumah kecil nan cocok untuk hidip bersama keluarga tercintanya , dan si boss ini mengulik dengan thema obrolan ekonomi dengan salah satu karyawan yang menginginkanya sebuah rumah , tidak lama setalah mencatat dan mereview semua keluhan masing-masing karyawan dipanggil.




Salah seorang manager menyuruh bahwa list dari nama-nama yang sudah tercatat oleh catatan draft yang di tulis oleh boss untuk dipanggil ke head office di perusahaan tersebut, dari masing-masing nama yang kebetulan sudah tidak asing lagi karena memang sudah pernah ketemu , kaget dan shok pada saat duduk bersama diruang meeting dan dengan gedung yang serba megah didalamya ada sosok orang yang dikenalnya menjadi orang magang itu.




Dari kelanjutan obrolan boss dengan para timnya akan sangat menarik dan menangis tersedu diruang kantor yang megah, saya sendiri sangat sedih melihatnya , sungguh tayangan yang memang layak untuk di tonton , sedih campur aduk jadi satu , mereka sangat maksimal dan loyal dalam bekerja ,




Dan orang-orang seperti inilah yang layak diperjuangkan oleh seorang CEO yang memang sudah mengabdikan dirinya sebagai rumah kedua dalam mencari nafkah dan terbukti loyal didalam kerjanya. Boss sendiri wajib memberikan sebuah apresiasi dalam bentuk jawaban dari semua keluhan yang ada pada karyawan tersebut.




Rumah , fasilitas dan koneksi untuk bertemu anak istripun boss bawakan secara langsung, ada yang mengeluh bahwa ingin sekali bertemu dengan anak istri , tugas boss mendatangkan istri dan anaknyapun sudah syanby dikantor untuk bisa memberikan jawaban dari keluhan tersebut.




Pada intinya video tersebut sangat menginspirasi semua tim bahwa tidak selamanya seseorang yang dengan kerja bertahun-tahun untuk tidak mendapatkan selain hak gaji pokok , melainkan keinginan keinganan kecil yang kerap mereka inginkan walau hal tersebut sangat tidak berarti dan masa bodo oleh seorang boss didalam pikiranya .




Silakan anda coba main-main ke youtube jika koneksi internet sedang bagus , tonton undercover boss  ada banyak CEO dan founder lainya yang mempunyai perusahaan global diseluruh dunia juga pernah mengikuti acara ini . kali saja video tersebut mengubah pola pikir anda bahwa ide semacam ini akan bisa juga diterapkan di industri yang sedang anda kerjakan . iseng tapi akan menemukan banyak pelajaran berharga didalamnya.






Note : Jika anda  membutuhkan material biji plastik recyle untuk kebutuhan industri dengan harga  terbaik dan dengan kualitas terjamin , anda bisa langsung saja menghubungi kami DISINI











You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook