Pastikan 2 hal ini sudah anda lakukan untuk memilih supplier kebutuhan industri anda

11:19

Halo rekan blogger

Lama ya nggak senggol senggol lewat tulisan lagi , iya saya mohon maaf karenanya lagi rada ada gangguan teknis pada komputernya , jadi harap maklum belum bisa mengulas apa saja yang berhubungan dengan industri yang sedang kita jalankan ini.


Kira kira hampir seminggu mungkin yah nggak update via blog , biasanya malahan setiap hari pasti membuat draft khusus ulasan yang akan kita tulis dan dipublikasikan di blog ini.


Nggak tau persis masalahnya , tiba-tiba komputer nggak nyala lagi , mungkin hanya masalah CPU yang memang jarang dibersihkan dan dirawat setiap bulanya.
Jadi,,kabar baik apa nih yang layak kita dapatkan setelah ngga jumpa seminggu lebih ini,dapet klien baru nggak ? tagihan belum dibayar apa malah nunggu invoice cair dari customer nih ?


Pusing ya kalau ngebahas tentang tagihan uang ayau invoice yang belum cair oleh para customer yang dinilai selalu telat melebihi jatah waktu yang ditentukan .
Rumit emang kalau ngebahas materi ini, seminggu ini kebetulan lagi ada banyak kendala tagihan baik itu masalah pembayaran atupun tagihan ke berbagai supplier yang ada didaerah.


Sembari menghilangkan rasa kantuk yang teramat menyiksa diri ini , seperti layaknya jomblo yang sudah expired menunggu sebuah keajaiban yang konon datengnya tidak menentu untuk di lampiaskan semua perasaanya, marilah kira sruput dulu secangkir koopi panas dengan ditemani kriukan singkong goreng ala kadarnya dipagi ini.


Rasa kantuk yang teramat berat akan dengan sekejap hilang kalau pembahasanya ini mengenai masalah uang, iya,,karenanya hal ini sangatlah sensitif jikalau dirundingkan dengan team di kantor tempat anda bekerja disana .


Incoice tagihan yang menumpuk karena tak kunjung di bayar,hingga terkena denda karena sudah terlambat tidak membayar dengan tempo yang sudah ditetapkan memang teramat memilukan.Banyak dari mereka yang sudah menerapkan sistem bayar mundur 40 hari kerja saja uring-uringan karena kehabisan uang kas untuk memutarkan biaya atau pembayaran operasionalnya.


2 hal ini yang akan mempermudah anda untuk masalah tagihan hingga pembayaran ke supplier agar keuangan di industri tempat anda bekerja disana tidak tumpang tindih dan mengandalkan uang kas yang ada ,hingga departemen keuangan selalu bentrok dan berselilisih kepada divisi pemasaran.


1. Bayar mundur 


Yang membuat tingkat stress seorang manager adalah ketika mengetahui tempo tagihan lebih awal dibadingkan dengan pembayaranya, hal ini memang sudah dialami dan pasti sangat banyak diluar sana yang melihat bahwa jumlah tagihan dengan angka puluhan juta hingga ratusan hutapun tidak berbanding lurus dengan pembayaran masuk yang ada di industri tempat mereka bekerja.


Begini,,


Carilah supplier untuk pengadaan kebutuhan material industri tempat anda bekerja dengan memilih sistem pembayaran mundur jauh lebih lama ketimbang industri anda membayarnya ke pihak supplier lainya lebih awal.

Jika anda mengetahuinya sistem pembayaran dan tagihan kepada supplier di industri anda dengan tempo 40 hari kerja masa pembayaran , maka coba anda cari pihak customer yang mau membayarnya kurang  dari tempo 40 hari kerja .


Pada akhirnya uang masuk lebih cepat dibandingkan dengan biaya pengeluaran terlebih dahulu. jika masa tempo pembayaran ke supplier anda jatuh tempo 60 hari kerja , maka tugas anda sebagai manager sudah dipastikan menagih ke customer dengan sistem pembayaran dibawah tempo 60 hari kerja, bisa dengan sistem tagihan 40 atau 45 hari kerja.


Agar dalam kondisi aman dan perputaran keuanganya akan berjalan dengan baik, hal ini akan jelas mempengaruhi kesetabilan uang kas. Konon kas adalah darah perusahaan , jikalau darah ini sewaktu waktu berhenti aliranya , sudah dipastikan akan goyah dan mati tergeletak kaku.


2. Tepat dalam tempo pembayaran


Untuk masalah ini sebenarnya sudah disinggung di ulasan sebelumnya untuk mencari supplier-supplier baru,namun terkadang kita enggan untuk menelisik apa dan bagaimana tagihan tersebut akan jatuh tempo.


Banyak juga kejadian yang kecil namun berefek kepada hal hal yang merugikan pihak tertentu, pernah kejadian  karena sudah bekerja sama dengan pihak customer yang memang sudah lama juga memesan material ke industri kita , dengan entengnya mereka membayar tempo sesuai dengan perjanjian namun pada saat tempo tersebut tepat waktu pembayaranya selalu menunda.


Kerugian inilah yang akan mempersulit anda dan team anda nantinya dalam memesan material kebutuhan industri yang akan dibelinya, jika kita ulas sedikit untuk masalah pembelian dengan tempo pembayaran yang telat , maka ada beberapa hal yang dirugikan ooleh kedua pihak diatas,baik itu pihak produsenya ataupun pihak customernya itu sendiri.



Jika aturan dalam industri yang kita jalankan , biasanya kalau ada pihak customer yang sudah bekerjasama namun cara pembayaranya telat , maka akan terkena pinalti. hal ini sudah wajar dan semua pihak industri memahaminya, nah pinalti inilah yang akan merugikan kedua belah pihak.


Pinalti ini adalah cara paling ampuh untuk masalah tempoo pembayaran yang dialaminya oleh customer , biasanya kita melakukan dan mengedukasikan kepada customer bahwa jika tempo pembayaranya bulan ini belum juga dibayar,maka jumlah atau kapasutas stok barang yang dimintanya akan dikurangi sesuai dengan jumlah angka tagihan yang sudah disepakatinya.


Jika anda sudah bekerjasama dengan team industri kami, maka sudah tidak asing lagi untuk mengetahuinya hal ini, karena untuk masalah 2 hal ini biasanya kita komunikasikan lebih awal supaya tidak terjadi tumpang tindih untuk kedepanya.


Kedua hal tersebut cukup ampuh dalam mendatangkan sebuah kinerja yang amat sangat produktif di team industri anda , anda juga bisa mengkomunikasikan hal ini kepada team dan purchasing tempat anda bekerja disana .




Note : Jika anda membutuhkan material biji plastik untuk kebutuhan industri anda dengan harga terbaik , silakan anda bisa menghubungi kami langsung DISINI 

You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook