Hati-hati! Ketahui 3 Jenis Plastik Ini Sebelum Digunakan

13:23


Plastik sudah jadi bagian fundamental dari kehidupan manusia di dunia. Mulai dari barang yang sederhana seperti kantong keresek sampai peralatan-peralatan canggih sedikitnya menggunakan beberapa komponen berbahan dasar plastik.





Namun, tidak banyak orang yang tahu jika plastik memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung bahan yang membangunnya. Berikut adalah tiga jenis plastik yang perlu Anda ketahui.

PET atau PolyEthylene Terephthalate

Adalah jenis plastik yang hanya bisa digunakan untuk sekali pakai. Plastik jenis ini komponennya akan mudah rusak jika dipakai berulang terutama jika terpapar panas terlalu lama. Penggunaan plastik jenis PET secara berulang akan meningkatkan resiko terlepasnya zat karsiogenik pemicu kanker.


PVC atau PolyVinyl Chloride

Mungkin Anda sering mendengar jenis plastik ini tapi apakah Anda tahu seperti apa plastik jenis PVC ini? Plastik PVC adalah plastik yang sulit untuk dapat didaur ulang. Plastik jenis ini banyak digunakan untuk botol-botol plastik dan plastik pembungkus, namun sebenarnya bahan plastik ini tidak aman untuk bersentuhan dengan makanan (non-food grade) karena plastik ini mengandung komponen yang berbahaya bagi ginjal dan hati.

ABS atau Acrylonitrile butadiene styrene

Dibandingkan dengan PET, plastik jenis ABS memiliki ketahanan dan resistansi yang jauh lebih baik terhadap panas. Berbagai macam modifikasi bisa dilakukan untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan plastik jenis ini terutama terhadap panas.
Karena sifatnya yang relatif lebih ringan, tahan banting, dan panas, plastik jenis ini juga populer digunakan untuk bahan pembuat mainan anak. Salah satu perusahaan yang menggunakan plastik ABS untuk produknya adalah LEGO.




You Might Also Like

0 komentar

Best artikel

Fans Page Facebook